UPDATE KERNEL LINUX (KENAPA ?)

Tinggalkan komentar

Juli 2, 2012 oleh anggaes

Jika anda menggunakan Distro Linux seperti Fedora dan Ubuntu, pasti anda akan menggunakan Linux Kernel, inti yang menjalankan Linux Distro anda. Windows juga memiliki kernel untuk sistem mereka sendiri, tetapi Linux lebih teratur dan oleh karena itu kernel lebih banyak dibicarakan karena orang dapat mengatur sesuka hatinya. Sebagai contoh, anda dapat mengambil kernel, menambalnya dengan banyak perbaikan, menambahkan pengaturan baru, menghapus apapun yang tidak dibutuhkan, dan menggantikannya denga kernel asli anda dengan kernel yang anda ubah sendiri. Dapat mengganti bagian kernel dengan yang lain tanpa ada masalah sedikitpun yang akan membuat linux itu keren.

Tetapi distro anda sering sekali menanyakan update untuk kernel anda. Mengapa harus melakukan update jika kernel anda sudah berjalan dengan baik? Inilah beberapa jawaban penting dari mengapa harus mengupdate kernel.

1. Meningkatkan Keamanan

keamanan

Secara virtual setiap kernel update yang anda lakukan akan meningkatkan sedikit keamanan dan menutup celah kecil kerusakan yang telah ditemukan. Ini merupakan salah satu alasan penting mengapa anda harus mengupdate kernel anda, tidakkah anda juga pasti ingin kernel anda selalu aman? Jika sekali saja hacker dapat masuk ke celah kernel anda, pasti akan ada banyak sekali dilakukan olehnya untuk merusak kernel anda. Gangguan itu akan sangat mudah dihindari dengan mengupdate kernel anda.

2. Meningkatkan kestabilan

kestabilan

Kernel update tidak hanya memperbaiki keamanan anda, tetapi juga memperbaiki masalah lain yang mungkin membuat sistem anda rusak karena penggunaan sehari-hari. Beberpa orang mendebatkan jika kita mengupdate kernel secara berkala akan menurunkan stabilitas sistem karena juga anda akan menjalankan kernel yang anda pernah gunakan, jadi anda tidak dapat mengasumsikan bahwa kernel terbaru akan bekerja sebaik kernel yang sebelumnya. Walaupun ini benar, tetapi itu sangat sedikit, dan hanya orang-orang yang menjalankan server atau sistem penting lainnya yang membutuhkan perhatian. Untuk tipe pengguna yang biasa, mengupdate kernel anda akan menjadi hal yang penting.

3. Update Driver

Update Driver

Walaupun kebanyakan kernel update dengan perubahan kecil (contoh 3.2.0 menjadi 3.2.1), tapi mari kita lihat perubahan besar saat mengupdate kernel (seperti 3.2 menjadi 3.3). Pertama-tama, setiap update kernel besar pasti dijamin dengan driver open source untuk seluruh perangkat anda, yang pasti selain driver yang sudah ada, dan setiap update kernel, pasti driver grafis yang paling besar ditingkatkan.

4. Fungsi Kernel Terbaru

adakalanya, update kernel yang besar di Linux juga membawa fungsi-fungsi terbaru. Fungsi ini merupakan bagian dasar kernel yang program gunakan untuk melakukan beberapa tugas atau operasi. Sebagai tambahan, fungsi lain mungkin juga diubah karena satu dan lain hal. Anda mungkin tidak ingin merusak sistem anda jika anda tidak mengupdate kernel anda karena beberapa alasan, tetapi cepat atau lambat anda akan menemukan program tertentu dan paket lainnya yang membutuhkan versi terbaru dari kernel. Cara terbaik untuk menghindari masalah ini ialah dengan mengupdatenya dengan kernel yang terbaru.

5. Meningkatkan Kecepatan

Kecepatan

n yang terakhir, banyak update-update besar di kernel meningkatkan kecepatan sistem anda. Beberapa update memang tidak tampak, yang lain memiliki peran yang besar, seperi famed 200-line patch yang meningkatkan produktivitas seluruh sistem linux sedikit. Terdapat juga perubahan “gila” seperti ini, dimana Linux dapat bekerja dengan tanpa Inti CPU. Jika anda penggemar kecepatan, update kernel menjadi pilihan yang tepat untuk hardware anda.

Kesimpulan

pada akhirnya, sangat penting untuk mengupdate kernel Linux anda kapanpun anda inginkan. Untuk pengguna biasa, keuntungannya ialah menjauhkan diri anda dari resiko terburuk. Dan juga setiap kernel yang anda update paling tidak telah dicoba beberapa hari sebelum peluncuran oleh developer dan pengguna lainnya untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada gangguan. Jika memang terdapat masalah setelah mengupdate kernel anda, berarti anda harus kembali pada kernel sebelumnya dari menu booting supaya anda dapat kembali ke sistem sebelumnya. Lalu anda dapat menghapus kernel terbaru dan memilih untuk bertahan dengan kernel yang sebelumnya hingga update yang lebih baru lagi muncul.

Jika ada masalah, tanya saja di group KSL USU. See ya!

Penulis : Rony Fhebrian , Ilmu Komputer , FASILKOM – TI USU

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: