Menjajal NVidia Optimus di Linux Ubuntu 12.04 LTS

8

Juni 29, 2012 oleh anggaes

Setelah sekian lama memakai Linux , akhirnya baru kali in saya merasakan ‘lebih adem’  ketika menggunakan Ubuntu . Kenapa ? Mari kita simak .

Laptop saya mempunyai teknologi NVidia Optimus pada VGA nya . Sebenarnya teknologi VGA pada laptop-2 tersebut ada 2, Intel HD sama NVIDIA. Grafik NVIDIA Optimus, akan secara otomatis berfungsi pada saat notebook bekerja pada proses yang berat seperti main game, menggunakan software yang membutuhkan grafik yg tinggi.

Sebelumnya saya telah berkali-kali mencoba menginstal driver untuk NVidia Optimus saya tersebut menggunakan berbagai macam cara , namun hasilnya NIHIL .Malah akibatnya tampilan rusak dan beberapa kali re-instal karena putus asa dalam memperbaikinya .

Namun setelah share dengan teman-teman di KSL USU dan Medan Linux akhirnya ada sedikit pencerahan yaitu Bumblebee . Bumblebee adalah proyek pengembangan driver yang bertujuan untuk menyediakan support bagi Laptop yang mempunyai teknologi NVidia Optimus yang drivernya tidak disediakan oleh NVidia untuk linux .

Sebenarnya , Bapak Linux yaitu Linux Trovald sudah menyampaikan protes keras kepada NVidia tentang hal tersebut.

Oke kita akan membahas tentang pemasangan Bumblebee .

Berikut ini adalah langkah-langkahnya

Buka terminal dan jalankan perintah

  1. sudo add-apt-repository ppa:bumblebee/stable (Untuk ubuntu 12.04)
  2. sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-x-swat/x-updates (Untuk Rilis 11.04 dan sebelumnya dan mengingkan driver yang lebih baru dibandingkan dengan yang tersedia di repo official.
  3. sudo apt-get update
  4. sudo apt-get install bumblebee bumblebee-nvidia
  5. reboot atau re-login

Setelah saya berhasil menginstal Bumblebee , ternyata SANGAT berpengaruh pada laptop saya . Suhu yang selama ini kurang stabil dan diatas rata-rata sekarang sudah berada pada posisi normal . Dan performa baterai juga meningkat yang dahulunya hanya tahan lebih kurang 1 jam sekarang hingga 2,5 jam .

Jadi gak ada lagi alasan untuk tidak memakai Linux , ayo pakai Linux 🙂

Penulis : Angga Eriansyah S , Ilmu Komputer , FASILKOM-TI USU

Referensi : Wiki Ubuntu

8 thoughts on “Menjajal NVidia Optimus di Linux Ubuntu 12.04 LTS

  1. Linuxer USU berkata:

    Waw Keren

  2. yasin agung s berkata:

    permasalahan instalasi ppa saya temui ketika hendak menambahkan aplikasi diluar canoncial Ubuntu seperti project bumblebee saya menggunakan settingan proxy pada terminal menggunakan perintah script pada terminal yaitu

    sudo gedit /etc/bash.bashrc
    dan
    sudo gedit /etc/apt/apt.conf

    kemudian saya tambahkan username, password, proxy, port, maklum hanya mampu internetan di kampus. tetapi setelah di terminal saya jalankan perintah seperti ini

    sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/y-ppa-manager

    maka muncull error dengan script seperti di bawah ini

    Traceback (most recent call last):
    File “/usr/bin/add-apt-repository”, line 125, in
    ppa_info = get_ppa_info_from_lp(user, ppa_name)
    File “/usr/lib/python2.7/dist-packages/softwareproperties/ppa.py”, line 80, in get_ppa_info_from_lp
    curl.perform()
    pycurl.error: (56, ‘Received HTTP code 407 from proxy after CONNECT’)

    maksudnya apa ya ?? saya tidak paham, mohon bantuannya terima kasih banyak

  3. Eldipa Fajar berkata:

    mas,saya pake ubuntu 12.04 tapi kok kinerja fan laptop nya cepat dan panas. laptop ane dual graphic jg , radeon ama intel. mohon sarannya

    • kslusu berkata:

      wah penulis dulunya juga mengalami hal yang sama sebelum memasang bumblebee , setelah bumblebee terpasang sekarang laptopnya udah stabil 🙂

      Dicoba aja pasang bumblebee nya

  4. bian berkata:

    mav saya mau tnya ,, untuk nvidia control panel nya sudah terinstall ???
    ko g ad ya ???

  5. bian berkata:

    gan kan klw mau menjalankan aplikasi pake driver nvidia harus ketik perintah “optirun” di terminal ,, klw misalkan semua aplikasi defalut menggunakan nvidia tanpa harus menggunakan perintah di terminal bisa g ???

Tinggalkan Balasan

